Sistem ekonomi adalah sistem yang dipilih oleh suatu Negara dalam mengalokasikan dan menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat.
Sistem Ekonomi di dunia ini ada beberapa yaitu: sistem ekonomi kapitalis, sistem ekonomi sosialis, dan sistem ekonomi campuran. Sistem Ekonomi Kapitalis pada umumnya diterapkan di Negara-negara liberal seperti Amerika, Inggris, dll. Sedangkan Sistem Ekonomi Sosialis banyak diterapkan di Negara-negara komunis seperti China, dan Korea Utara. Sebetulnya pemilihan sistem ekonomi banyak dipengaruhi oleh ideologi yang dianut oleh setiap Negara.
Di dunia ini ada Negara-negara yang tidak memihak di salah satu ideology tersebut. Negara yang tidak memihak/memilih blok tersebut mengambil beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem yang ada dan memodifikasinya menjadi sistem baru yaitu sistem ekonomi campuran.
Kesempatan kali ini blog sistem ekonomi di Indonesia akan membahas tentang sistem ekonomi campuran mulai dari pengertian, kelebihan, hingga kekurangan jika dibandingkan dengan sistem lainnya.
 


Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Sistem Ekonomi Indonesia -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -